Rabu, 19 September 2012

FRANKLIN: SEMANGAT BARU DAKWAH ISLAM DI AMERIKA


Bisa cerita perjalanan kamu menjadi muslim?
Al-Qur’an adalah alasan utama saya menjadi muslim. Al-Qur’an menyatakan kebenaran pada saya, tentang Allah dan banyak hal. Saya benar-benar tertarik sejak pertama kali membacanya. Saat itu sebenarnya saya sedang taat-taatnya pada agama saya yang lama dan menjadi pastur muda di sekolah. Saat menyadari ada banyak muslim (juga agama lain), saya memutuskan untuk mempelajari beragam tipe agama, sehingga bila saya ditanya tentang agama lain saya dapat menjelaskan. Saya sempat menonton film Malcolm X, pada bagian saat Malcolm shalat.
Kemudian saya sempat mengalami depresi seminggu setelah dibaptis. Saya seperti kehilangan kepercayaan pada Tuhan dan ingin melupakan-Nya. Saat itu adalah bulan terburuk dalam hidup saya. I wanted revenge on God, for making me so confused. Lalu saya ingat film Malcolm X saat dia shalat, saya pun pergi membeli film tersebut. Film tersebut sangat menginspirasi saya untuk lebih jauh mengenal Islam. Saya juga mendapat Al-Qur’an dari internet dan membacanya. I loved the way Islam was, everything I believed in since I was younger was all in Islam.
Contohnya, pria disunnahkan memelihara jenggot dan wanita harus menutup aurat (di sini–New York–sebagian besar wanita seperti mengiklankan tubuh mereka pada pria). Al-Qur’an sangat ajaib, apa yang ada di kepala saya, semua bisa terjawab. Yang aneh, selama dua minggu mempelajari Islam, saya menjadi sangat emosional dan tidak dapat mengerjakan film tentang Jesus yang sedang saya buat (Franklin mengambil studi film, red.). And on top of that, I lost all of my Christian friends, karena mereka melihat saya mempelajari Al-Qur’an. Saya biarkan saja, dan yakin hanya Tuhan yang dapat menolong saya. Saya berdoa, ‘Tuhan, tunjukkan saya agama yang benar’.
Setelah berdoa saya bertemu seorang muslim. Dia memberi tahu tentang Islam. Lalu saya bertemu dengan muslim yang lain, ini terjadi hingga lima kali. Saya juga bertemu dengan seorang muslim bernama Adam, dan belum pernah melihat dia sebelumnya. Dia berjanji menemui saya dekat sebuah masjid. Saya pun memutuskan pergi ke masjid, dan melihat ada beragam muslim di sana. Kebanyakan orang Arab dan kulit hitam.  Saya pikir ini adalah agama untuk orang Timur, bukan buat saya. Saya kaget ketika melihat Adam, ternyata ia berkulit putih! Setelah shalat, Adam mengenalkan saya pada Imam masjid. Saya berdebat dengan Imam dan dua orang lainnya selama 3 jam, dan akhirnya saya menerima penjelasan mereka. Saya mengucap syahadah seminggu kemudian.
Gimana perasaan kamu setelah memeluk Islam?
Pada awalnya saya banyak bertanya tentang Islam. Saya telah menjadi muslim, dan menerima ajarannya serta apa yang Allah katakan dalam Qur’an, tapi saya tetap mencari hal yang melenceng, karena jika saya menemukan satu saja hal yang melenceng dalam Qur’an, maka saya dapat membuktikan bahwa Qur’an salah. But it’s impossible. Saya masuk Islam kaerna hidayah Allah, dan nggak ada seorang pun yang dapat mencegahnya. banyak keajaiban dalam Al-Qur’an.
Ada masalah nggak setelah kamu masuk Islam? Gimana dengan keluarga, teman, dan lingkungan sekitar kamu?
Keluarga tidak tahu tentang keislaman saya, tapi mereka melihat bahwa saya lebih relijius. Saya ingat perkataan Imam Syamsi bahwa ‘ketika seseorang masuk Islam, maka mereka harus memberikan kesan yang baik terhadap keluarganya’. Jadi untuk seseorang yang baru masuk Islam atau berniat masuk ke dalam agama Allah, cara terbaik keluarga dan teman-teman tahu adalah dengan mengubah kebiasaan kita, menjadi orang yang lebih baik, berhenti melakukan hal buruk yang pernah dilakukan, jadi keluarga dan teman-teman melihat sendiri bahwa kita lebih baik dibanding sebelumnya.
Orangtua saya belum tahu bahwa saya muslim, tapi insyaAllah saya akan memberitahu melalui majalah ini. Sedangkan teman-teman, saya kehilangan banyak setelah menjadi muslim. Saya juga kehilangan relasi saya dalam film. Saya sedang membuat film tentang Yesus saat itu.
Kamu tertarik sekali ya pada bidang film. Apa kamu punya rencana membuat film yang berhubungan dengan Islam?
Saya memang berencana membuat film dan juga komik islami. Islam berkembang dpesat di negara ini dan saya percaya ini adalah tanda-tanda dari Allah bahwa hari akhir zaman akan datang tak lama lagi, juga banyak keajaiban dalam Al-Qur’an yang telah terjadi. Allah sedang menyelamatkan sebanyak mungkin manusia dari neraka, tapi itu tergantung juga bagaimana seorang muslim ikut menyebarkan. Saya ingin Islam dikenal lebih baik di negara ini (Amerika), dan saya ingin membuat film tentang Yesus (Nabi Isa); bahwa dia tidak mati, juga film tentang masa muda Nabi Muhammad. If Allah wills, he will use me to do this task, for I trust in him, let Allah guide us all.
Kamu punya saran untuk orang yang ingin mempelajari Islam?
Buat saya Islam adalah lingkaran yang tiada habisnya. Saya ingin tahu lebih banyak, tapi semakin saya belajar semakin sedikit yang saya tahu. Ini membuat saya mengira-ngira; apalagi yang tidak saya tahu? So I want to know more. Tanda-tanda dari Allah sudah jelas, jadi saya sarankan untuk melihat keajaiban Al-Qur’an dan membandingkannya dengan Injil atau Taurat– yang juga kitab dari Allah tapi telah diselewengkan manusia. Read the Qur’an, if God doesn’t tell you through it, or give your clear signs then Islam is false religion.
Apa pendapat kamu tentang Indonesia?
Yang saya tahu Indonesia berpenduduk 88% muslim, pertanyaan saya; mengapa bukan 100%? Pasti sebagian muslim tidak menjalankan tugas mereka. Setiap muslim harus mengambil bagian dalam dakwah Islam, paling tidak membawa satu orang menjadi muslim. Jika seorang muslim telah berusaha dan tidak mendapatkan satu pun pengikut sebelum dia mati, maka Allah akan memberi reward. Muslim di Indonesia dapat menyebarkan Islam melalui internet, but please know what you are talking about and do not speak if you don’t know the answer, because blasphemy is a great sin.
Kamu punya pesan buat pembaca Annida?
Saya punya tiga hal:
1.      Saya lihat banyak Muslim yang telah Islam sejak lahir. Ini sebuah keuntungan dibanding mualaf. Tapi saya perhatikan banyak yang tidak beribadah. Ini tidak benar, so I tell them to wake up, or they will face the same punishment as the unbelievers.
2.      Untuk mereka yang ingin berdakwah kepada nonmuslim, harus selalu membawa Al-Qur’an, jika mereka tertarik kita dapat memberikan mereka Al-Qur’an.
3.      Bacalah Al-Qur’an paling tidak sehari sekali, meski hanya satu ayat. Jika kita mencari pengetahuan Allah, maka Dia pasti akan memberikan. Allah cinta pada orang-orang yang berjuang untuk agama-Nya. [Dee, terima kasih banyak untuk Ustadz Syamsi Ali atas bantuannya]
Name: Franklin “Isa-Ali” Taveras II (Isa-Ali is my Muslim name)
Place/Date of Birth: New York, Queens, Sept 6, 1985
Nationality: Half Dominican and half Puerto Rican
Education: High School: Art and Design located in the New York City, I was there when the Towers fell (9/11).
I currently attend Five Towns College studing film making.
Hobby: Drawing, reading working on my comics and script/screen play.

Fakta Haramnya Babi Dari Sudut Pandang Ilmiah


1.      Konsumen daging babi sering mengeluhkan bau pesing pada daging babi
(menurut penelitian ilmiah, hal tersebut disebabkan karena praeputium babi
sering bocor, sehingga urine babi merembes ke daging).
2.      Lemak punggung babi tebal, babi memiliki back fat (lemak punggung) yang
lumayan tebal. Konsumen babi sering memilih daging babi yg lemak
punggungnya tipis, karena semakin tipis lemak punggungnya, dianggap
semakin baik kualitasnya. Sifat lemak punggung babi adalah mudah
mengalami oxidative rancidity, sehingga secara struktur kimia sudah tidak
layak dikonsumsi.
3.      Daging babi adalah daging yang sangat sulit dicerna
karena banyak mengandung lemak. Meskipun empuk
dan terlihat begitu enak dan lezat, namun daging babi
sulit dicerna. Ibaratnya racun, seperti halnya
kholesterol! Selain itu, daging babi menyebabkan
banyak penyakit : pengerasan pada urat nadi, naiknya
tekanan darah, nyeri dada yang mencekam (angina
pectoris), dan radang pada sendi-sendi.
4.      Babi adalah hewan yang kerakusannya dalam makan
tidak tertandingi hewan lain. Ia makan semua
makanan yang ada di depannya. Jika perutnya telah
penuh atau makanannya telah habis, ia akan memuntahkan isi perutnya
dan memakannya lagi, untuk memuaskan kerakusannya. Ia tidak akan
berhenti makan, bahkan memakan muntahannya. Ia memakan semua yang
bisa dimakan di hadapannya. Memakan kotoran apa pun di depannya, entah
kotoran manusia, hewan atau tumbuhan, bahkan memakan kotorannya
sendiri, hingga tidak ada lagi yang bisa dimakan di hadapannya.
Kadang ia mengencingi kotorannya dan memakannya jika berada di
hadapannya, kemudian memakannya kembali. Ia memakan sampah busuk
dan kotoran hewan.
5.      Babi adalah hewan mamalia satu-satunya yang
memakan tanah, memakannya dalam jumlah besar dan dalam waktu lama
jika dibiarkan. Kulit orang yang memakan babi akan mengeluarkan bau
yang tidak sedap.
6.      Penelitian ilmiah modern di dua negara Timur & Barat, yaitu Cina dan
Swedia. Cina (mayoritas penduduknya penyembah berhala) & Swedia
(mayoritas penduduknya sekuler) menyatakan:
“Daging babi merupakan penyebab utama kanker anus & kolon”. Persentase
penderita penyakit ini di negara negara yang penduduknya memakan babi,
meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika,
serta di negara-negara Asia (seperti Cina dan India). Sementara di negaranegara
Islam, persentasenya amat rendah, sekitar 1/1000.
Hasil penelitian ini dipublikasikan pada 1986, dalam Konferensi Tahunan
Sedunia tentang Penyakit Alat Pencernaan, yang diadakan di Sao Paulo.
Babi banyak mengandung parasit, bakteri, bahkan virus yang berbahaya,
sehingga dikatakan sebagai Reservoir Penyakit. Gara-gara babi, virus Avian
Influenza jadi ganas. Virus normal AI (Strain H1N1 dan H2N1) tidak akan
menular secara langsung ke manusia. Virus AI mati dengan pemanasan 60oC
lebih-lebih bila dimasak hingga mendidih. Bila ada babi, maka dalam tubuh
babi, Virus AI dapat melakukan mutasi & tingkat virulensinya bisa naik
hingga menjadi H5N1. Virus AI Strain H5N1 dapat menular ke manusia.
Virus H5N1 ini pada Tahun 1968 menyerang Hongkong dan membunuh
700.000 orang (diberi nama Flu Hongkong).
7.      Sekitar tahun 2001 pernah terjadi para dokter Amerika berhasil
mengeluarkan cacing yang berkembang di otak seorang perempuan, setelah
beberapa waktu mengalami gangguan kesehatan yang ia rasakan setelah
mengkonsumsi makanan khas meksiko yang terkenal berupa daging babi,
hamburger (ham = babi, sebab aslinya, hamburger adalah dari daging babi).
Sang perempuan menegaskan bahwa dirinya merasa capek-capek (letih)
selama 3 pekan setelah makan daging babi. Telur cacing tersebut menempel
di dinding usus pada tubuh sang perempuan tersebut, kemudian bergerak
bersamaan dengan peredaran darah sampai ke ujungnya, yaitu otak. Dan
ketika cacing itu sampai di otak, maka ia menyebabkan sakit yang ringan
pada awalnya, hingga akhirnya mati dan tidak bisa keluar darinya. Hal ini
menyebabkan dis-fungsi yang sangat keras pada susunan organ di daerah
yang mengelilingi cacing itu di otak.
Penyakit-penyakit “cacing pita” merupakan penyakit yang sangat berbahaya
yang terjadi melalui konsumsi daging babi. Ia berkembang di bagian usus 12
jari di tubuh manusia, dan beberapa bulan cacing itu akan menjadi dewasa.
Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar ”1000 ekor dengan panjang antara
4 – 10 meter”, dan terus hidup di tubuh manusia dan mengeluarkan telurnya
melalui BAB (buang air besar).
Islam telah melarang segala macam darah, analisis kimia dari darah
menunjukkan adanya kandungan yang tinggi dari uric acid (asam urat ),
suatu senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia, bersifat
racun. Dengan kata lain uric acid sampah dalam darah yang terbentuk
akibat metabolisme tubuh yang tidak sempurna yang diakibatkan oleh
kandungan purine dalam makanan. Dalam tubuh manusia, senyawa ini
dikeluarkan sebagai kotoran, dan 98% dari uric acid dalam tubuh,
dikeluarkan dari dalam darah oleh ginjal, dan dibuang keluar tubuh melalui
air seni.
Dalam Islam dikenal prosedur khusus dalam penyembelihan hewan, yaitu
menyebut nama Allah Yang Maha Kuasa dan membuat irisan memotong
urat nadi leher hewan, sembari membiarkan urat-urat dan organ-organ
lainnya utuh. Dengan cara ini menyebabkan kematian hewan karena
kehabisan darah dari tubuh, bukannya karena cedera pada organ vitalnya,
sebab jika organ-organ misalnya jantung, hati, atau otak dirusak, hewan
tersebut dapat meninggal seketika dan darahnya akan menggumpal dalam
urat-uratnya dan akhirnya mencemari daging, mengakibatkan daging hewan
akan tercemar oleh uric acid, sehingga menjadikannya beracun, dan pada
masa-masa kini lah para ahli makanan baru menyadari akan hal ini,
subhanallah.
Apakah kita tahu kalau babi tidak dapat disembelih di leher? karena mereka
tidak memiliki leher, sesuai dengan anatomi alamiahnya? Bagi orang
muslim beranggapan kalau babi memang harus disembelih dan layak bagi
konsumsi manusia, tentu Sang Pencipta akan merancang hewan ini dengan
memiliki leher.
Ilmu kedokteran mengetahui bahwa babi sebagai inang dari banyak macam
parasit dan penyakit berbahaya, sistem biochemistry babi mengeluarkan
hanya 2% dari seluruh kandungan uric acidnya, sedangkan 98% sisanya
tersimpan dalam tubuhnya.
Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan : ”Bahwa seseorang
itu berkelakuan sesuai dengan apa yang dimakannya.” Melihat tayangan di
salah satu TV swasta, seorang profesor dari IPB telah meneliti struktur
DNA babi. Sesuatu yang mengejutkan ternyata, struktur gen babi itu mirip
dengan struktur gen manusia. Jadi dapat dikatakan gen babi = gen manusia,
jadi sama dengan kita memakan daging manusia (=kanibal), na’udzubillah.
Jadi ada betulnya kalau kita memakan babi bukan tidak mungkin karakter
babi menempel pada kita, tidak pada kita, bisa jadi pada keturunan kita !
wallahu a’lam.

WANITA ITU...


Wanita mempunyai kedudukan yang istimewa dalam Islam. Betapa kemuliaan wanita dijunjung dalam Islam. Sama seperti halnya laki-laki, wanita juga diberi tugas untuk menuntut ilmu, yaitu belajar hal-hal yang berkenaan dengan agama, misalnya Thaharah, Shalat, Zakat Haji dan lain-lainnya yang dibutuhkannya dalam memahami masalah agama.
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengetahui bahwa banyak dari para suami yang tidak mengetahui dan memahami agama. Pada hakikatnya, wanita adalah madrasah bagi anak-anaknya kelak sehingga seorang wanita harus berilmu agar dapat menghasilkan sebuah generasi yang tangguh aqidahnya.
Beberapa dalil yang menunjukkan hal itu banyak sekali dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha sendiri pernah berkata : “Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar, mereka tidak malu-malu untuk bertanya mempelajari dan memahami agamanya”. . Sulaim bin Milhan, Ibunda Anas bin Malik pernah datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan bertanya, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu pada kebenaran, maka aku pun tidak malu untuk bertanya : “Apakah wanita wajib mandi bila bermimpi ?”. Maka Rasulullah menjawab : “Ya, apabila dia melihat adanya air mani !” Maka Ummu Sulaim pun menutup wajahnya karena malu. Kemudian bertanya lagi : “Wahai Rasulullah, Apakah wanita juga mimpi seperti itu ?” Beliau menjawab : “tentu, kalau tidak, mengapa ada anak yang mirip dengan ibunya !” (Lihat kitab Shahih Bukhari, kitabul ‘ilmi. Dan juga kitab Shahih Muslim, kitabul haid)
Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa Ummu Sulaim pernah datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sedang didampingi oleh Aisyah Radhiyallahu ‘anha. Ketika Ummu Sulaim bertanya kepada Nabi, Aisyah berkata : “Wahai Ummu Sulaim, Mengapa engkau beberkan rahasia wanita ?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata kepada Aisyah : “Biarkanlah, hendaklah engkau mandi wahai Ummu Sulaim apabila melihat air mani itu”.
Demikian itulah Ummu Sulaim pergi menemui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menanyakan hal-hal yang berkenaan dengan agama, yang tidak menemukan jawabannya pada orang lain. Dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak segan-segan menjawabnya serta tidak memarahi kedatangan tersebut.
Hal yang sama juga diceritakan oleh Aisyah Radhiyallahu ‘anha : Fatimah bin Hubaisy pernah berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku dalam keadaan istihadhah dan tidak suci. Apakah aku harus meninggalkan shalat selamanya ?”. Rasulullah menjawab. “Sesungguhnya yang demikian itu adalah darah yang keluar dari pembuluh darah, tinggalkan shalat selama hari-hari engkau menjalani haid, setelah itu bersihkanlah dirimu dan kerjakan shalat”. (Hadits Shahih. Diriwayatkan oleh Imam Muslim , Imam Tirmidzi , Imam Nasa’i , Ibnu Majah melalui Waki’ dari Hisyamn bin Urwah dari ayahnya dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha)
Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha bahwa Asma’ binti Yazid bin al Sakan al-Anshariyyah , dia pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai mandi dari haid. Maka Rasulullah menjawab: “Hendaklah salah seorang di antara kalian menyediakan air yang bercampur dengan daun sidra, lalu bersucilah dengan sebaik-baiknya. Setelah itu tuangkanlah air dan gunakanlah secarik kain atau kapas yang telah diberi wangi-wangian, untuk selanjutnya bersihkanlah darah haid itu dengannya”. Maka Asma binti Yazid pun bertanya: “Bagaimana cara bersuci denganya ?” Rasulullah pun menjawab: “Subhanallah, bersucilah dengannya !”. Lalu Aisyah Radhiyallahu ‘anha bertutur dengan sangat merahasiakannya: “Usaplah dengannya bekas-bekas darah haid !”.
Selain itu, Asma binti Yazid juga bertanya mengenai mandi janabat, maka beliau pun menjawab : “Ambil air dan bersucilah dengannya secara baik. Kemudian guyurkanlah air di atas kepalamu dan gosok-gosoklah kulit dan rambutmu hingga rata. Setelah itu tuangkanlah air ke seluruh tubuhmu”. (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam kitabul haid persis dengan lafadz tersebut di atas)
Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, menceritakan :
Ada beberapa wanita yang bertutur kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Kami dikalahkan oleh kaum laki-laki untuk belajar kepadamu, karenanya luangkanlah waktumu barang satu hari bagi kami. Beliau pun menjanjikan suatu hari untuk mengadakan pertemuan dengan mereka, lalu beliau memberikan nasehat dan mengajari mereka”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Seorang wanita mempunyai hak pergi belajar hal-hal yang berkenan dengan agama yang dibutuhkannya guna memperbaiki ibadah yang dijalankannya. Pada sisi lain, seorang wanita tidak diperbolehkan pergi belajar ilmu-ilmu yang sifatnya fardhu kifayah, apabila suaminya memerintahkan untuk tinggal di rumah saja, karena ketaatan kepada suami merupakan suatu hal yang wajib sedangkan belajar ilmu-ilmu yang sifatnya fardhu kifayah adalah sunnah jika tidak dikhawatirkan timbulnya fitnah, dan tidak diragukan lagi bahwa suatu hal yang wajib harus didahulukan dari yang sunnah. Tetapi ada syarat-syarat bagi wanita dalam menuntut ilmu agar terhindar dari fitnah.
Wallahu ‘alam bisshowab.

PENGOBATAN ALA NABI SEHAT DENGAN HABBATUSSAUDA


Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda itu terdapat penyembuh bagi segala penyakit kecuali kematian”.
(Al Bukhari dalam Al Fath (X/142) & Muslim (IV/1735) No. 2215)

Kandungan : (dikutip dari blackseedusa.com)
Carvona, Alfa-Finene, Sabinene, Beta Finene, P-cymene, Myristic Acid Palmitoleic Acid, Stearic Acid, Oleic Acid, Lonoleic Acid, (Omega-6), Linolenic Acid, (Omega-3), Protein, Thiamin, Riboflavin, Vit A, C & E, Sodium, Potassium, Arginine Pyridoxine, Niacin, Folacin, Calcium, Iron Copper, Zinc, Phosphorus, Others

Riset tentang Habbatussauda :
â Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, mengobati berbagai alergi & ashma (Mohammed. S.MD & Peter Schleider, MD dalam buku Black Cumin)
â Memperkuat stamina (Sylvia Luethohann dalam buku The Healing Power of Black Cumin)
â Mencegah & mengobati tumor / kanker (Kumara SS & Huet Bt. Dari Fak. Kedokteran Univ. Nasional Singapore dan Lab. Kanker Immuno Biologi, Hilton Head Island)
â Penghilang nyeri / rasa sakit (Al Ghomidi MS, Dept. Pharmacologi Univ. King Faisol Saudi Arabia)
â Penetral racun di tubuh & mencegah serta mengobati kerusakan pada liver (Fak. Kedokteran Univ. Yuzuncu Yii, Turki & Institut TRB, Mesir)
â Mengobati diabetes melitus / kencing manis (Majalah Kedokteran Univ. Brawijaya Malang)

Khasiat lain :
â Untuk masuk angin dan capek-capek problem pencernaan (diare, magh & sembelit)
â Menormalkan tekanan darah
â Mengobati kolesterol & asam urat menguatkan jantung
â Menambah energi dan kesuburan pria

Khasiat khusus untuk wanita :
â Memperbaiki sistim hormon kelancaran haid & kesuburan)
â Mengurangi mabuk pada ibu hamil
â Meningkatkan prosuksi ASI mencegah & mengobati kista

URGENSI MENCARI ILMU


Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi ilmu. Seorang hamba tidak akan dapat beribadah dengan benar jika hamba tersebut tidak berilmu. Rasulullah Saw, Beliau bersabda,”Perumpamaan orang yang berilmu dengan seorang ahli ibadah adalah seperti aku dengan orang yang paling rendah di antara kalian.” Hal ini menunjukkan betapa pentingnya nilai ilmu tersebut. Orang yang berilmu lebih utama daripada orang yang taat beribadah karena orang tidak akan bisa beribadah dengan benar sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan As sunnah. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjerumus ke dalam jurang bid’ah jika beramal tanpa ilmu.na’udzubillah.
DEFINISI ILMU
1.     Lughoh
العلم ضد الجهل
Ilmu adalah lawan dari kebodohan
2.     Ishtilah
إدراك الشيء بحقيقته
Mengetahui sesuatu sampai hakekatnya
صفة ينكشف بها المطلوب انكشافا تاما
Suatu sifat yang menyingkap (rahasia) sesuatu secara sempurna
3.     Syar'i
 Ilmu shohih adalah ilmu yang sesuai amal, baik amalan hati, amalan lisan, maupun anggota badan, sesuai dengan petunjuk rosululloh shollalohu 'alaihi wasallam
Ali bin Abi Tholib berkata : إنما العالم من عمل بما علم و وافقه علمه عمله
Sesungguhnya yang disebut orang alim adalah orang yang beramal dengan ilmunya dan yang ilmunya sesuai dengan amalnya

DALIL TENTANG KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU

·         Al Qur’an
 Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. QS AL ‘ALAQ:1-5
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka Telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.”QS AT TAUBAH:122

·         As sunnah
: عن أنس بن مالك عن ابن عباس و ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم طلب العام فريضة على كل مسلم
"menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim"

·         Perkataan Salaf
imam al-Bukhory berkata : العلم قبل قول و عمل لقول الله تعالى : فاعلم أنه لا أله إلا الله
" Ilmu itu sebelum perkataan dan perbuatan, karena Alloh berfirman: Ketahuilah bahwa tidak ada Ilah kecuali hanya Alloh"  

LARANGAN BERKATA TANPA ILMU

Alloh Ta'ala telah mengharamkan perkataan tanpa 'ilmu, terutama pada permasalahan yang berkenaan tentang Alloh, urusan haram dan halal tanpa hujjjah syar'iyyah.

·         Al-Qur'an
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” QS AL ISRA’:36
     Ibnu 'Abbas menjelaskan bahwa  ولا تقف artinya ولا تقل  (jangan berkata)
     Ibnu Katsir menerangkan ayat diatas dengan berkata :
     إن الله نهى القول بالظن
"Sesungguhnya Allah melarang perkataan tanpa ilmu, dan juga perkataan dengan zhonn (persangkaan)"

Katakanlah: "Tuhanku Hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui."

·         As sunnah
عن ابن عباس : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : من قال في القرآن بغير علم فليتبوأ مقعده من النار
"Barangsiapa yang berbicara tentang sesuatu berkenaan dengan Al-Qur'an tanpa 'ilmu, maka bersiap-siaplah menempati tempatnya di neraka"
  
·         Perkataan Salaf
Abu Bakar Rodhiallohu 'anhu berkata : أي أرض تقلني و أي سماء تظلني إذا قلت على الله مالا تعلم
"Bumi mana yang akan melindugi dan langit mana yang akan menaungiku bila aku berkata sesuatu tentang Alloh yang aku tidak ketahui"

                 Ada pepatah yang mengatakan carilah ilmu sampai ke negeri Cina. Seorang muslim hendaknya senantiasa untuk terus menuntut ilmu. Ilmu tidak hanya didapat melalui pendidikan formal tetapi juga di dapat melalui pendidikan non formal maupun pendidikan in formal dalam keluarga dan masyarakat.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam al Qur’an surat Al Mujadilah:11
     “..niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.” Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu dien yaitu apa yang difirmankan oleh Allah, apa yang dikatakan oleh Rasulullah Saw dan kemudian dijelaskan oleh para sahabat. Di dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu. Hal ini semoga semakin mengobarkan semangat kita untuk senantiasa menimba ilmu.Wallahu ‘alam bisshowab 

Sabtu, 15 September 2012

Ukhuwah oleh Ust. Amron


Q.S. Al Hujurat ayat 10:
“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”
Sesama muslim adalah saudara, maka dari itu:
1.       Jangan berprasangka buruk
2.       Jangan berghibah/menggunjing
3.       Berta’aruflah
4.       Bertasamuhlah/toleransi

Rabu, 12 September 2012

Senyum, Salam, Sapa (3S) oleh Ust. Amron


·         Senyum adalah ibadah
·         Tebarkanlah salam agar kita salng mencintai
·         Ketika mengucap salam = salam perdamaian
·         Kita tidak boleh mengacung-acungkan senjata meskipun hanya bercanda
·         6 hak muslim kepada muslim lainnya:
1.       Ketika bertemu, maka ucapkan salam
2.       Ketika dia minta nasihat, maka nasihatilah
3.       Ketika dia bersin dan membaca hamdalah, maka jawablah dengan yarhamukallah
4.       Ketika dia sakit, maka jenguklah
5.       Ketika dia meninggal, maka antarkan jenazahnya
6.       Ketika diundang, maka datanglah

·         Apabila masuk ke rumah orang lain, mintalah izin dulu dan ucap salam kepada pemilik rumah